English French German  Hungarian Spain Italian Nederland Russian Brazilian Japanese Korean  Vietnamese Arabic Chinese Turkish Hindi Bosnian Filipino Greek Indonesian

Minggu, 12 Januari 2014

Belajar Memblockir IP User dari CBOX


Kemarin  tanggal 11 Januari 2014, aku mendapat pengalaman baru dari blogku, yaitu memblockir IP adress salah seorang user dari buku tamu Cbox. Karena menurutku ia sangat usil dan menggangguku terhadap para sahabat yang ingin memberi komentar lewat Cbox di blogku.
Awalnya setelah aku baru tiba di rumah kemudian kubuka blogku, dan aku melihat buku tamu Cbox, ternyata di baris yang ke-6 sampai 10
ada komentar dari seseorang (berbahasa Indonesia) yang sangat mengganggu, yaitu dengan mengatasnamakan seseorang sahabat setiaku (dari Belgia) yang bernama Rudi dalam bertukar komentar lewat Cbox. komentar tersebut berisi : 
Rudi : INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT 

Komentar tersebut dipostkan pada tanggal 11 Januari 2014 jam 05.38. PM sebanyak 5 kali.
Sebelumnya komentar yang sama dipostkan pada tanggal 11 Januari 2014 jam 06.38.AM sebanyak 2 kali.

Pada awalnya aku tidak begitu memperdulikannya. Tetapi kemudian di atasnya (3 jam setelah itu) terdapat komentar dari saudara Rudi yang sebelumnya aku tahu berasal dari Belgia (http://blog.seniorennet.be/Sluffertjes_creations/) yang mengklarifikasi komentar di atas yang berisi:

Rudi....The real on: With greetings from Brugge...Have a nice weekend my friend thats me Choe..The person thats taken me name below...I don't now them. (Diposkan pada tanggal 11 Jan 14, 08:15 PM WIB)

Kemudian aku langsung menuju blog saudara Rudi (Belgia) yang berbahasa Belanda, dan aku memberi jawaban pada buku tamunya yang berisi:

choe: Thank you for your understanding. I believe you do not do it. That's the risk of communicating in cyberspace. I do not know what I should do. Because my skills are still a bit on the network.

choe: Hopefully people realize it right away to not do anything that harms the else. And I expect understanding from you. Choe of your friend ...( aku postkan pada: 11 jan 14, 15:07 waktu Belanda)

Setelah balasan yang aku sampaikan tersebut perasaanku jadi tidak enak. Segera aku mencari siapa orang yang memberi komentar dengan mengatasnamakan orang lain yang aku percayai tidak mungkin melakukan komentar yang berbahasa Indonesia seperti itu, sementara dia orang Belanda.
Mulai aku melihat pengunjung di Supercounters, aku tandai jam kunjungan user. Lalu aku langsung mengecek di situs supercounter.com dengan mengclick widget supercounters.



Dan muncul halaman seperti dibawah:

 
Kemudian aku click menu visitor, dan mencul halam seperti : 
  
Selanjutnya kucari visitor sesuai dengan tanggal dan jam yang sama dengan Cbox, dan aku raba dengan mouse, dan pada bagian ujung kanan data jam yang sama terdapat tombol panah, kemudian aku klik dan terbuka informasi baru seperti ini.

Langkah yang sama kulakukan pada jam yang berbeda.
Aku masih penasaran karena informasi belum jelas, kemudian kucoba mengclick icon search di sebelah kiri bendera, dan muncul halaman baru seperti ini:


Begitu terbaca jelas terkejut aku tetapi senang karena IP adress dan Profil yang kucurigai tertera disana. Dan kutelusuri dibawahnya maka terdapat peta lokasi seperti ini:

 IP Adress pertama yang posting jam 05.38 PM

 IP adress kedua yang posting jam 06.38 AM
Dua Ip berbeda tetapi berada pada lokasi yang sama semakin besar kecurigaanku terhadap IP tersebut, tetapi aku belum yakin karena tidak ada bukti yang menguatkan.
Kemudian aku teruskan pencarian melalui cbox.ws, dan Login ke administrator. Lalu aku klik menu Messages + Messages

Dan kuperoleh Informasi yang menggembirakan, yaitu mendapatkan orang yang kucari lengkap dengan Nama, sumber dan komentarnnya, tanggal dan jamnya serta IP adress yang cocok dengan IP yang awalnya kucurigai.
Sayangnya karena tergesa-gesa data yang kusebutkan diatas telah terlanjur kudelete, tidak sempat kusimpan. Setelah data terhapus, barulah aku terpikir untuk memblockir IP user tersebut agar tidak lagi melakukan hal yang sama untuk lain kali.

Selanjutnya aku mencoba mencari menu lain, maka dapatlah apa yang kucari. Dengan mengclick menu Users & Access kemudian Click Blocked users

Dan muncul halaman

Pada kolom Add custom ban kumasukkan IP dan ku tekan Add, makan indikator save akan muncul.

Lalu kulanjutkan dengan IP yang kedua. Pada Kolom Block list tercantum IP adress yang telah kublock. Cara ini kulakukan karena data IP yang dimaksud terlanjur terdelete. Padahal ada cara yang lebih simpel jika data belum terhapus, yaitu:
Pada saat aku masuk ke daftar messages aku bisa centang kotak sebelah kiri data kemudian kutekan menu ban (berwarna merah) maka boleh jadi IP tersebut menjadi terblockir.


Sahabat pembaca sebenarnya aku tidak ingin melakukan itu, tetapi karena ini menyangkut nama seorang sahabatku dari Belanda dan kejadiannya di blog milikku, maka dengan terpaksa aku melakukannya. Kerena itu aku mohon maaf yang sebesar-besarnya. Meskipun aku belum tahu dampak dari yang aku lakukan. Tetapi aku berharap semoga tidak ada lagi kejadian seperti yang kualami pada hari ini. Itulah pengalamanku yang pertama yang sangat mengesankan di dunia blogging yaitu Belajar memblockir IP User dari Cbox. 
Dan khususnya kepada sahabatku Rudi dari Brugge (Belgia),  anda menjadi korban, maka aku mohon maaf sekali lagi, semoga dengan kejadian kemarin aku akan lebih berhati-hati dan terus belajar untuk mengantisipasi kejadian yang sama. Dan atas pengertiannya saya mengucapkan terima kasih.

Silahkan Lihat Juga:

Posting Komentar